skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
Beberapa Penyakit Kulit Yang Terjadi Pada Anjing

Beberapa Penyakit Kulit Yang Terjadi Pada Anjing

Beberapa Penyakit Kulit Yang Terjadi Pada Anjing – Kondisi kulit ataupun gangguan kulit pada anjing merupakan permasalahan kesehatan anjing yang paling utama bagi para dokter hewan. Ada banyak penyebab yang bisa jadi menyulitkan untuk mencari tahu secara spesifik terkait apa yang diderita anjing kamu.

Bukan hanya anjing akan terlihat buruk, penyakit kulit yang dialami anjing juga sebenarnya sangat menyiksa mereka beberapa penyakit kulit akan mengakibatkan gatal yang sangat parah.

Kemungkinan-kemungkinannya sangat banyak, mulai dari parasit hingga alergi maupun penyakit dalam yang tidak diketahui. Di bawah ini beberapa penyakit kulit yang sering diderita anjing:

1. Alergi Dermatitis

Anjing juga mengalami reaksi alergi yang disebabkan oleh produk grooming, makanan, dan pemicu lain disekitar lingkungannya, seperti serbuk ataupun gigitan serangga. Seekor anjing yang menderita alergi kulit, akan terus menerus menggaruk, dan jika kamu memeriksanya, kulit tersebut sering sekali berupa bercak kemerah-merahan.

Corticosteroid dapat membantu mengurangi bercak kemerah-merahan yang gatal tersebut, namun cara yang paling berkhasiat untuk mengatasinya adalah mencari tahu dan menghindari penyebab alergi anjing tersebut.

2. Infeksi Jamur

Anjing mungkin tidak dapat berhenti menggaruk area disekitar telinga ataupun terus menerus menjilati kaki-kakinya, hubungilah dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan infeksi jamur. Gejala-gejalanya adalah iritasi, gatal, atau warna kulit yang berubah.

Infeksi ini biasanya menyerang daerah tapak kaki atau telinga, tempat dimana jamur tumbuh dengan subur. Infeksi jamur sangat mudah dikenali dan mudah disembuhkan dengan obat oles / dengan cara pengobatan topical.

Pada beberapa kasus, dokter hewan akan meresepkan obat-obatan yang dikonsumsi secara oral ataupun obat-obatan untuk digunakan anjing kamu ketika mandi.

3. Follicultis

Superficial Follucultis adalah infeksi bakteri yang menyebabkan luka, benjolan dan kudis/koreng pada kulit. Kelainan kulit ini dapat terlihat dengan mudah pada anjing berbulu pendek.

Pada anjing berbulu panjang, gejala yang paling nyata terlihat adalah bulu yang kusam dan kerontokan, diikuti kulit bersisik. Follicultis sering muncul bersamaan dengan penyakit kulit lainnya, seperti, kudis, alergi atau luka. Pengobatan dapat berupa antibiotik dan salep anti bakteri atau shampoo.

4. Impetigo

Jenis lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri, Impetigo merupakan hal yang sering terjadi pada anak anjing. Impetigo menyebabkan kulit melepuh dan berisi nanah yang bisa pecah.

Lepuhan ini biasanya timbuh di daerah abdomen yang tidak berbulu. Impetigo merupakan infeksi yang tidak serius dan dapat diobati dengan salep topikal. Pada beberapa kasus, infeksi ini dapat menyebar maupun menetap.

5. Seborrhea

Seborrhea menyebabkan kulit anjing menjadi berminyak dan menimbulkan kerak/ketombe. Pada beberapa kasus seborrhea merupakan penyakit genetik yang terjadi pada anak anjing dan menetap seumur hidupnya.

Tetapi kebanyakan anjing dengan seborrhea, terserang ketombe dikarenakan komplikasi/gejala dari penyakit lain, seperti alergi atau kelainan hormon. Pada hal ini sangat vital untuk mengatasi penyebab-penyebab lain tersebut sehingga gejalanya tidak muncul kembali.

6. Mange / Kurap

Mange adalah gangguan kulit yang disebabkan oleh parasit kecil disebut tungau/mites. Sarcoptic Mange atau dikenal juga dengan canine scabies/kurap anjing, mudah menular di antara anjing dan juga dapat ditularkan ke manusia, namun parasit tidak dapat bertahan dalam tubuh manusia.

Gejalanya adalah rasa gatal terus menerus, kulit merah, luka dan rambut rontok. Telinga, muka dan kaki adalah daerah yang paling sering diinfeksi. Demodectic Mange bisa menyebabkan botak, koreng dan luka, tetapi tidak menular antara hewan atau manusia. Pengobatannya tergantung pada jenis mange itu sendiri.

7. Perubahan Warna/Tekstur Kulit

Perubahan warna atau tekstur bulu pada kulit anjing bisa menjadi tanda peringatan adanya beberapa masalah umum pada metabolisme atau hormon. Pastikan untuk menanyakan dokter hewan kamu mengenai perubahan yang signifikan pada bulu anjing kamu.

Apa Itu Damagecare?

DAMAGECARE adalah Obat Penyakit Kulit dan Kelamin antiseptik sekaligus antibiotik alami nanotechnology yang mengandung bahan alami terbaik yang dapat mengobati Penyakit Kulit dan Kelamin Berikut: Human papillomavirus (HPV), Kutil sekitar kelamin, Jamur, Panu, Kadas, Kurap, Kutu Air, Iritasi kulit, Luka luar, Kulit robek, Kulit terbakar, Borok, Selangkangan gatal, Ambeien, Gonore, Ketombe akut, Fistula Ani, Kanker payudara, Kanker serviks, Kanker kulit, Luka diabetes, Cacar, Sipilis, Raja singa, Herpes, Vagina berlendir dan berjamur. Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat DAMAGECARE banyak dicari di dalam maupun luar negeri.