skip to Main Content
+62 822-1122-6676 customercare@autoimuncare.com
6 Macam Penyakit Kulit Yang Karena Jamur

6 Macam Penyakit Kulit Yang Karena Jamur

6 Macam Penyakit Kulit Yang Karena Jamur – Rasa gatal, ruam dan panas dikulit memang suatu gejala dari penyakit kulit. Namun kamu harus tahu, bahwasanya penyakit kulit tidak hanya terjadi akibat paparan virus maupun bakteri, karena bisa saja penyakit kulit yang sedang kamu derita itu karena jamur.

Jamur kulit umumnya tumbuh di kulit sehingga menginfeksi seluruh bagian kulit. Dan biasanya jamur kulit akan tumbuh di tangan, wajah, kaki, punggung, kepala bahkan dalam lipatan kulit seperti selangkangan.

 

Berikut kami berikan penjelasan macam-macam penyakit kulit karena jamur, gejala dan pengobatannya:

1. Panu

Panu adalah suatu bentuk dari infeksi jamur yang mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit luar. Penyakit panu sendiri biasanya lebih sering menyerang usia anak-anak dan usia remaja.

Panu akan merusak penampilan karena panu memiliki ciri khas tersendiri yaitu kulit akan timbul bercak-bercak berwarna putih, kadang juga berwarna coklat maupun merah. Rasanya sangat gatal apalagi jika sedang berkeringat, kulit tampak kasar (bersisik). Penyakit panu bisa menular dari satu orang ke orang yang lain.

2. Kurap

Kurap adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap yang juga dikenal dengan istilah ‘tinea’ ini termasuk penyakit yang umum dan dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak.

Gejala kurap yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini biasanya terasa sangat gatal dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Jika terjadi pada pria muda, kurap sering ditemukan di daerah selangkangan.

3. Candidiasis

Candidiasis adalah infeksi akibat jamur Candida. Jamur ini memiliki lebih dari 20 jenis. Meski demikian, jenis Candida yang paling sering menyebabkan infeksi adalah Candida albicans.

Candiadisis bisa muncul pada berbagai bagian tubuh manusia. Bagian tubuh yang paling sering mengalami infeksi ini adalah mulut dan di sekamur kelamin. Bagian tubuh lain yang dapat terkena infeksi Candida adalah kuku, esophagus, daerah sekamur anus, dan saluran pencernaan.

Gejala yang timbul berbeda-beda sesuai lokasi infeksi. Seperti dimulut akan menimbulkan gejala seperti bintil-bintik berwarna putih di dalam mulut dan lidah, kulit di sudut mulut pecah-pecah, dan kemerahan pada rongga mulut. Sakit tenggorokan dan sulit menelan juga mungkin dialami oleh penderita.

Gejala infeksi jamur pada wanita meliputi gatal luar biasa yang terasa di sekamur vagina, bagian di sekeliling vagina memerah dan perih, serta keputihan yang menggumpal seperti keju. Sementara gejala pada pria biasanya berupa ruam merah pada penis, gatal dan sensasi terbakar di ujung penis, serta bau tidak sedap.

4. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah penyakit kulit yang biasanya menjangkiti kulit kepala dan area tubuh yang berminyak, seperti punggung, wajah, serta dada bagian atas. Pada kulit kepala, penyakit ini menyebabkan kulit berwarna merah, berketombe, dan bersisik.

Jamur penyebab Dermatitis seboroik adalah malessezia. Pada umumnya dermatitis seboroik memiliki gejala seperti, kulit terasa gatal atau seperti terbakar, kulit kepala berwarna merah dan berketombe, kelupasan kulit atau ketombe juga terjadi di kumis, jenggot, atau alis, kelopak mata akan berkerak atau berwarna kemerahan, atau disebut dengan blefaritis, kulit bersisik berwarna putih atau kuning terjadi di area kulit yang berminyak

5. Intertrigo

Penyakit kulit Intertrigo yakni salah satu jenis penyakit kulit infeksi jamur yang benyak menyerang bayi/ anak-anak yang mampu tumbuh di bagian lembab atau lipatan seperti ketiak, paha, bawah dada atau perut

Gejala atau tanda intertigo, kulit tampak merah, gatal-gakat bahkan mengalami rasa sakit atau perih apabila terjadi gesekan.

6. Kutu Air

Kutu air merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur trichophyton. Faktor penyebab kutu air yakni kurang menjaga kegersihan, lingungan yang lembab, atau menggunakan sepatu lembab dan bau.

Gejala kutu air, kulit kaki tampak retak, mengelupas, dan tumbuh di bagian sela-se;a jari kaki atau lipatan jari kaki, tampak kemerahan dan gatal, perih dan nyeri terutama kerika kena air, lepuhan pada kaki, berkerak dan borol, kuku kaki menjadi tebal dan berubah warna

Demikian macam macam penyakit kulit akibat jamur yang dapat anda pahami bagaimana rupa ataupun gejala yang di tumbulkan. Penyakit jamur bisa diminimalisir dengan senantiasa merawat kebersihan tubuh, pakaian, perkakas rumah dan lingkungan tempat tinggal kamu.

Apa Itu Damagecare?

Damagecare adalah Obat Penyakit Kulit dan Kelamin formula herbal dengan harga ekonomis yang dapat mengatasi penyakit kulit dan kelamin.
Dengan penelitian formula herbal nanotechnology selama puluhan tahun membuat Damagecare banyak dicari di dalam maupun luar negeri.

Damagecare memiliki kandungan antiseptik dan antibiotik alami yang mampu memperbaiki sel anomali maupun rusak, meregenerasi sel dengan cepat, serta memperkuat sel sehat.